Selasa, 03 Mei 2016

Menggugah Semangat Berkarya


Hari Sabtu (30/4), Departemen Riset Forum Kajian Islam dan Sains Teknologi (FKIST) mengadakan Kajian Riset rutin yang diadakan di ruang 104 Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga. Pada kesempatan kali ini, Departemen Riset mengundang Ina Karlina (Ketua Forum Kajian Islam Sains dan Teknologi periode 2014/2015) dan Rizal Burhanudin (Mahasiswa Berprestasi dari KSI-MIST UNY) sebagai pembicara Kajian Riset (KaSet) pada hari Sabtu (30/4). Kajian Riset merupakan program kerja yang sengaja diusung oleh Departemen Riset FKIST dengan harapan bisa menumbuhkan semangat riset dan berani berkompetisi dalam setiap ajang keilmiahan baik tingkat nasional maupun mancanegara. Pada Kajian Riset (KaSet) kali ini, Departemen Riset mengusung tema "Be Brave to Compete, Wujudkan Segudang Prestasi" dengan tujuan mengajak seluruh anggota FKIST untuk lebih show up dalam berbagai ajang ilmiah bergengsi baik itu dalam negeri maupun mancanegara.

“ Hidup itu harus berkualitas yaitu dengan meluangkan waktu untuk berkarya, kurangi tidur, manfaatkan waktu luang, kemudian tentukan durasi dengan tepat. Misalnya untuk searching di internet berapa jam, membaca buku berapa halaman dalam sehari. Semauanya harus ada targetnya." Ujar Mbak Ina
 Ina Karlina yang bertindak sebagai salah satu pembicara Kajian Riset (KaSet)
pada hari itu menyampaikan materi yang berkaitan tentang motivasi dan managemen waktu dalam berkarya. Salah satu kutipan yang paling menarik dari perkataan Ina Karlina yaitu ”Tidak ada orang yang tidak sibuk, yang ada hanya orang yang tidak bisa membagi waktu."
Semua mahasiswa pasti tidak akan lepas dari yang namanya tugas, kesibukkan berorganisasi di kampus maupun luar kampus dan kesibukkan-kesibukkan lain yang pasti akan menyita lebih banyak waktu. Akan tetapi, hal terpenting yang harus dilakukan adalah dapat membagi waktu dengan baik, karena orang-orang yang dapat membagi waktunya dengan baik akan lebih mudah dalam meraih kesuksesan dalam hidup.

Meneruskan materi selanjutnya, Rizal Burhanudin yang pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Riset  dan Teknologi Forum Saintis Muda Nasional (Fosman) menyampaikan materi tentang Analisis Medan Karya Ilmiah. Menurut Rizal langkah pernah yang harus dilakukan untuk mengikuti lomba karya tulis adalah pintar dalam memilih lomba yang akan diikuti. Rizal pun lantas memberikan tips memilih lomba karya tulis yang baik.
Ketika memilih LKTI, jangan lupa untuk melihat lembaganya, meskipun tema yang diberikan umum, misalnya sosial budaya, pendidikan, ekonomi dan lain-lain tetapi jika yang mengadakan lomba adalah Fakultas MIPA, dapat dipastikan jurinya dari fakultas tersebut dan penilaiannya juga nggak jauh-jauh dari pemikiran seorang saintis. Jadi jangan sampai terjebak dan salah langkah."  jelas Rizal
Tidak hanya memberi tips memilih lomba LKTI yang baik,  Rizal Burhanudin juga memberikan cara ampuh untuk mencetuskan ide kepepet di tengah kebuntuan ide . Terobosan ide yang diberikan Rizal kepada forum yaitu dengan menententukan objek masalah yang ada dan cari solusi yang tepat.

Ketika teman-teman sedang kehabisan ide untuk mengikuti LKTI, saya punya cara tersendiri yaitu cari sumber masalah yang ada saat ini, kemudian pecahkan masalah tersebut dengan solusi yang kreatif dan menggunakan suatu alat teknologi yang dapat diterapkan dengan mudah” sharing Rizal akan terobosan idenya.
Rizal juga menambahkan "Jangan pernah berhenti untuk mencoba. Kalah menang merupakan hal biasa. Tetapi cobalah untuk menikmati prosesnya dan selalu percaya kalau kita bisa dengan begitu kita berani melangkah dan bisa meraih prestasi setinggi-tingginya."
Kajian ini tentu memberikan banyak manfaat dan juga ilmu kepada para anggota FKIST yang hadir. Motivasi dan managemen waktu yang disampaikan oleh Ina Karlina dan Analisis Medan Karya Ilmiah yang disampaikan Rizal Burhanudin diharapkan mampu menggugah semangat anggota FKIST untuk berani dan terus berkarya dalam berbagai ajang keilmiahan baik itu Essay, Lomba Karya Tulis Ilmiah dan berbagai ajang ilmiah lainnya baik dalam Nasional maupun Internasional.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar