Jumat, 27 Mei 2016

Selayang Pandang FKIST

Forum kajian Islam dan sains Teknologi (FKIST) merupakan salah satu lembaga atau organisasi yang terbuka bagi civitas akademika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. FKIST merupakan lembaga legal atau Badan Otonom Mahasiswa (BOM) di Fakultas Sains dan Teknologi di bawah Dekan Fakultas Saintek yang beazaskan pada nilai-nilai ke-Islaman, ukhuwah islamiyah dan prinsip-prinsip keilmiahan.

FKIST didirikan pada tanggal 26 Agustus 2008. FKIST muncul ditengah arus perkembangan Sains dan Islam kontemporer yaitu wacana tentang integrasi dan interkoneksi antara ilmu Sains dan ilmu agama Islam yang juga berupaya untuk menghilangkan sekat dikotomi antara keduanya. Lembaga yang berfokus pada riset dan kajian islam-Sains ini berusaha membangun tradisi ilmiah di kalangan mahasiswa dengan jargon Kompeten, Profesional, Kontributuf, Prophetic (KPK Prophetic).

Moslem Prophetic artinya muslim yang mampu membawa risalah kenabian dengan memiliki penguasaan kafa’ah-syari’ah dan pemikiran Islam yang memadai. Kompetensi artinya kapasitas dan kemampuan individu dalam suat bidang tertentu (spesialisasi). Profesionalisme artinya menunjukkan kualitas pekerjaan yang excellent, dan jauh dari cacat. Kontributif artinya wujud kepekaan terhadap sekeliling, baik kepada pribadi maupun lingkungan. FKIST atau Forum Kajian Islam dan sains Teknologi merupakan sebuah organisasi yang bergerak di bidang pengkajian Sains dan Islam.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar